Thursday, April 7, 2011

Interview with Wahyu Alfarisy and Benaya Stephen (Cinematographer) Part 1 - Movie Talk

(Benaya dan Wahyu)


Sebutkan film favorit ?
Wahyu : (Bingung sesaat) Sekarang sih gue ngikutin sequel Harry Potter, karna gue penasaran apa endingnya. Inception, Sherlock Holmes, kalo untuk jepang Nodame Cantabile. sama itu ada 1 lagi nih, My Rainy Days.
Benaya : The Butterfly Effect, Lars & The Real Girl, American History X, Fight Club, ada satu lagi biasanya gue jarang nonton film bergenre komedi, cuma yang satu ini beda sob, lo harus nonton, Shallow Hall.


Film bioskop yang pertama kali ditonton ?
Wahyu : Harry Potter 4 atau 5, tahun 2007/2008
Benaya : An American WereWolf In Paris, itu pas kelas 5 SD. jaman dulu lembaga sensor ngga terlalu se-lebay sekarang.


Menurut lo, film Indonesia sekarang tuh bagaimana kondisinya ?
Wahyu : (Menghela nafas)..Banyak film yang "nyampah", kurang bermutu, terlalu banyak film pocong2an, horor mesum, komedi mesum, pokoknya mesum2 deh semuanya. (berbisik "sedangkan mesumnya nanggung" hahaha) 
Benaya : Menyedihkan dan memprihatinkan, sangat jauh dari standard dunia, kalo ada standard dunia, yaa indonesia msh dibawah 100 Besar.



Kalo ada kesempatan membuat film, mau bikin yang seperti apa ?
Wahyu : Akhir2 ini gue sedang suka nonton film Korea dan Jepang, dan sedang mencoba untuk menonton film asia lainnya seperti Thailand, mandarin dan masuk dalam perkembangan film Indonesia, jadi saya ingin membuat film asia juga, pengen sebagus film Korea/Jepang, atau gabungan semua film Asia. Sehingga gue dapet julukan "Asian Style" dalam film saya, hehehe.
Sebenarnya gue pengen mencoba bikin film seri suatu saat, tp bukan sinetron yang seperti beredar saat ini. Film yg pengen gue buat ini episode pendek, 10-15 episode. seperti film jepang2 gitu.
Benaya : Kalo gue lebih pengen membuat film di Luar Negeri, kalo di Indonesia paling2 gue bikinnya film jorok, horor.


Siapa aktor/aktris yang paling lo pengen masukin dalam film lo nantinya ?
Wahyu : Kalo indonesia gue pengen aktornya si Rizky Aditya, Aktrisnya Agnes Monica, akting mereka sangat pas dan natural untuk format film Asia pada umumnya, asia banget lah !
Benaya : Otomatis aktor fav gue, Leonardo Di Caprio. kalo wanita, Kate Hudson, dua-duanya totalitas banget, deep!



Meskipun lo berdua agak risih dengan film Indonesia, tapi sebenarnya ada ngga sih Sutradara sini yang menginspirasi ?
Wahyu : Deddy Mizwar ! Hanung, dah itu doang lah. satu lagi lupa gue.
Benaya : Jujur aja sob, gue sama sekali ngga tau nama sutradara Indonesia.


Akhir-akhir ini ada berita dari Tyo Pakusadewo yang membuat sayembara 100 juta tentang film TEBUS, berani coba ?
Wahyu :  Ohh yang itu ya, yang berani ngomong filmnya jelek dapet duit. Itu tantangan yang menarik, kyknya gue harus nonton filmnya untuk membuktikan omongannya.
Benaya : Hah serius ? Swer, gue baru denger dari lo beritanya. ya otomatis gue harus liat filmnya dulu, analisa dulu, kalo filmnya jelek, gue berani coba ikutan sayembara, kalo bagus, selamet deh, hehehe.

(bersambung)

2 comments: